Oleh: agastya | November 21, 2008

Keblondrok Kuliahan

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa baru  yang sambil kerja di kampus menteng sudah berjalan sekitar 4-5 minggu. Artinya sudah menjelang UTS pada pertemuan ke 8 nya. Tugas demi tugas kuliah tak pernah terlewatkan di setiap pertemuan. Kami sudah settle dengan kondisi kampus yang baik dengan harapan going concern berkuliah di kampus ini bisa berkelanjutan di masa mendatang hingga lulus. Namun ketenangan para mahasiswa yang baru di kelasku menjadi berubah.. Di saat satu dari kami mengetahui bahwa Akreditasi untuk Program Studi yang aku jalanin menjadi B. Banyak diatara kami yang kecewa dengan hasil Akreditasi terbaru itu. Kami semua ga nyangka kalau akreditasi untuk Program Akuntansi yang semula A menjadi B untuk jangka 5 tahun kedepan sampai 2013.

Hari-hari kuliah berikutnya semakin sedikit teman² yang hadir di perkuliahan. Sebenarnya aku sendiri ngga mempermasalhkan status B pada akreditasi itu, tapi saat pendaftaran sampai daftar ulang, hasil akreditasi yang terupdate belum aku ketahui. Pihak kampus pun meyakinkan kalau akreditasinya selalu A dari dulu. Yang kami tahu akreditasi terakhir berlaku hingga Juli 2008, sedangkan kami mendaftar pada Agustus 2008 dan daftar ulang September 2008. Wajarlah bila banyak yang kecewa dengan hal ini. Sampai-sampai aku menjalani kuliah yang dihadiri hanya 4 mahasiswa saja. Kuis pun juga tetap berjalan walaupun agak kurang konsen belajar. Sementara hati ini semakin bimbang gundah gulana dengan ketidakpastian ini.

Menanggapi hal ini Rektor di kampus pun bertemu dengan para mahasiswa secara langsung untuk menjelaskan semuanya. Kesimpulannya kelas yang tinggal 4 orang itu ga bisa lanjutkan. Kami diberi opsi untuk pindah ke kelas sabtu minggu atau pindah ke kampus meruya. yaa..mereka tidak mau menggabung dengan kelas yang non matrikulasi yang masih eksis. Walaupun biaya kuliah dapat diminta kembali, namun Rektor mengetuk hati kami,

“Kami merasa tidak ingin mengambil sesuatu yang bukan hak kami., jika itu hak anda silakan. Tapii… Masa sih dari selama kalian kuliah di sini ga dapat apapun ilmu atau pelajaran meskipun hanya sedikit..”

Yasudahlah ikhlasin aja.. Aku memutuskan untuk hengkang dari kampus ini.. aku pikir opsi yang diberikan tidak bisa menguntungkan terhadap 4 orang yang tersisa di kuliah terakhir. Tidak ada kompensasi apapun atas ketidaknyamanan ini.

Mungkin hikmah yang bisa diambil adalah teliti sebelum mebeli. Dan jangan cuma ikut2an temen. Dari awal aja udah keliatan, kalau aku tertarik ikutan temen2. Dari 14 orang-an temen2, yang daftar ulang hanya 6. sampai terakhir tinggal 2 orang. Kemudian, kuliah adalah investasi masa depan. Jangan sampai salah dalam memilih jurusan/perguruan tinggi. Cek status akreditasinya, dan tanggal kadaluarsanya.

Kalau mau memilih kampus untuk kuliah sebaiknya perhatikan hal-hal berikut:

  1. Tentukan tujuan anda kuliah! mau kerja atau mau jadi sarjana? Atau nyari calon sarjanawati?
  2. Cek Status Akreditasinya, pastikan tanggal kadaluarsanya.
  3. Kalkulasi biaya yang mungkin timbul.
  4. Beban SKS yang akan diambil.
  5. Jarak Kampus sebaiknya ga terlalu jauh dari tempat tinggal/lokasi kerja.
  6. Waktu kuliah apakah sampai larut malam? atau sabtu minggu.
  7. Tugas-tugas kampus. Banyak kah hingga mengganggu waktu kerja di kantor?
  8. Teman2 yang kompak akan lebih mengasyikkan.

Yah semoga pengalamanku kali ini menjadikan kita lebih hati-hati dalam memilih kampus.

**keblondrok : akibat ceroboh,lalai,terjerumus,tersandung (bahasa jawa yang diartikan sendiri menurut penulis)
Iklan

Responses

  1. PERTAMAX

    sebenernya di mana pun lo kuliah nggak masalah…

    asal ngejalaninnya serius dengan niat sepenuh hati…

    (ini komentar sekedar empati, tapi bukan gw banget)

  2. mana.. mana postingan kesasarnya???

    btw, anjrit, udah hampir 50ribu hits aja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: