Oleh: agastya | Januari 20, 2008

Uninstall Ubuntu

ubuntu

Setelah lama bercokol di notebook kesayangan.. akhirnya dengan sungguh menyesal.. Operating System Ubuntu 7.04 ini harus aku korbankan untuk di uninstall..

Berduet dengan Operating System Windows® XP Service Pack2 yang telah ada sebelumnya di notebook aku, nampaknya OS Ubuntu-nya merasa dianak-tirikan sebab jarang si empunya memanfaatkan ‘kehandalan’ Ubuntu untuk membantu pekerjaan atau sekedar menemani dalam kehidupan sehari-hari..

Akhirnya dengan pertimbangan space hardisk NTFS di notebook yang semakin menipis, kebutuhan space untuk aplikasi meningkat, performance notebook yang mulai menurun, sedangkan alokasi space untuk linux terlalu besar namun kurang dalam pemanfaatan. Aku putuskan untuk membuang Ubuntu ini. Maaf.. kepada para developer Ubuntu.. aku tak bisa memanfaatkan OS ini dengan maksimal.. semua itu tak lepas dari keterbasan kami sebagai user yang masih kelas beginner.

Baiklah.. pengalaman meng-Uninstall Ubuntu di PC/notebook yang udah ada Windowsnya:

Dimulai dengan booting ke Ubuntu seperti biasa.. ga ada tujuan lain sih.. cuma sekedar say goodbye aja sebelum hilang dari notebooknya.. hehehe.. gak penting yah?? ya buat ngeyakin aja mau diilangin bener apa ngga..? kalo yakin mau diilangin, mending restart aja notebook buat booting ke Windows. Dengan bantuan Partition Magic yang udah terinstal di Windows, aku pilih partisi linux ama linux swap (2 partisi yang digunakan oleh linux) kemudian di pilih [Delete partition], pilih [delete and secure erase] setelah itu di [Apply] aja.. Setelah proses menghapus partisi selesai, maka hasilnya adalah kedua partisi tadi berubah menjadi Unallocated partition. Unallocated Partition ini masih belum bisa dikenali oleh Windows, karena merupakan space yang belum terformat. Berhubung di hardisk udah terdapat 3 partisi buat windows(C:, D:, dan  E:). Maka aku memilih [Redistribute free space] untuk membagi habis sisa partisi dalam Unallocated partition tadi ke 3 partisi yang telah ada. Software PartitionMagic akan mendistribusikan Unallocated partition secara otomatis menyesuaikan sisa space yang ada di masing2 Drive. Setelah itu di [Apply] aja. Paling2 PartitionMagic menyarankan agar membackup data kita sebelum proses itu dilakukan.. (penting gak yah?? bikin takut juga..) Berikutnya system akan automatic restart untuk bekerja. Pastikan bahwa aplikasi diluar Partition Magic sudah di-close.

Setelah kembali ke Windows, seperti hampir tidak ada tanda2 bekas terinstall linux OS. Mengecek space hardisk di windows yang ada sudah berubah lebih besar setelah ditambahin tadi.

Tapi ternyata setelah direstart ulang, notebookku malah gagal boot ke windows.. HUAAA!! coba nyalain lagi.. masih gak muncul logo windows juga..?? coba lagi.. masih gak bisa juga.. cuma muncul pesan ” ..GRUB error22..” sambil kelap kelip titik2nya… wah.. gak mungkin dong kalo harus diinstall ulang (jurus terakhir orang putus asa)

Kucoba boot from Live CD Ubuntu, bisa masuk ubuntu. Data2 masih ada di folder /dev nya ubuntu.. maksud hati mau mindahin folder2 penting di drive C: ke drive lain, kalau2 mau diinstal ulang. Namun selalu gagal.. (tidak semudah copy paste ke antar folder) pesan errornya : Cannot paste, because you don’t permitted.. bla2..bla..). Coba copy paste lewat terminal (command promptnya unix), namun buat akses folder media(drive) C: gak bisa. 😦  . Langsung nembak script copy paste juga gak permitted. Alias gagal.  Yaudah.. sementara itu aja dulu..

——————————————–

Berikutnya dengan bantuan Ibunya anak2,  dia memberi arahan kalo meng-Uninstall Ubuntu, setelah selesai diformat partisi linux-nya. Booting aja melalui CD Windows. ketika ada pilihan Install Windows, Repair, atau exit, Pilih [Repair] aja.  Setelah muncul layar kegelapan, kalo ada pertanyaan bla2.. tekan [y] (yes) terus [Enter] aja. Kemudian muncul windows prompt :

C:>WINDOWS>_                    ketikkan “fixmbr” aja.

C:>WINDOWS>fixmbr          lalu [Enter]

Lalu.. taraaa… Windows menjadi seperti sediakala…

Iklan

Responses

  1. Berikutnya dengan bantuan Ibunya anak2, dia memberi arahan kalo meng-Uninstall….bla bla bla>>>
    😀 😀 😀 😀 😀 😀 😀 😀 😀 😀

    berarti sekarang udah muat dong dikirimin dvd beyonce?

  2. walah nu…
    aku malah ga nudeng sama sekali 😀
    mau install ulang windows di rumah aja ngeri 😀
    coz ga dipartisi HD nya
    hehehehe….

  3. ngga sayang tuh Ubuntunya di’buang’?

    hmm.. kirain hapus ubuntu tinggal klik Uninstall..

  4. dvd beyonce???

  5. hiks….nasibku sama seperti itu
    ini lagi berjuang ekstra keras untuk mengembalikan windows seperti semula..
    hiks…hiks….

  6. @rerere : HD gw terbatas om!

    @irrr : coba2 aja irrr, jangan takut, paling juga keilangan data.. 😛

    @nugro : memang dilematis

    @aniz : ngga bu, ngga jadi kok

    @okta_ : hehe..he.. terus semangat!!

  7. […] windows pake repair yang kedua tetep ga bisa,,dan akhirnya ku googling dan menemukan orang yang punya nasib sama kayak aku ^_^…disitu dengan jelas dikasih petunjuk dengan merepair windowsnya […]

  8. Makasih bgt pa

    walah ni ko sama bgt ma yg sy alami p1 ngadepin kya gini pe instal ulang. tapi kali ini betterlah. tak coba pak

    suwun

  9. thanks mas..
    akhirnya saya berhasil menghapus ubuntu..
    saya hanya belajar mghapus aja..

  10. Huaaa! Ada bnyak hal yg mengerikan terjadi! Karna bawaannya takabur bin sembrono bnyk hal jg yg harusnya gak terjadi malah terjadi. Thx bwt postinganx!

  11. Sama low diskspace, uninstall ubuntu… padahal sayang banget sm ubuntunya walaupun jarang dipake… 😦

  12. Wah thanks guidenya, mayan bwat jaga2 kalo aja pengen uninstall Ubuntu juga…

    Btw nama kamu sama ama saya “Agastya”, hehe…

  13. 🙂 senang bisa bermanfaat…
    pengalaman memang pelajaran yang berharga

  14. terima kasih, saya juga mau melakukan hal yang sama dengan kamu. tapi tanpa masalah booting. trims

  15. makanya, lain kali klo mau dual OS, install linuxnya di partisi tersendiri, misalnya drive E ato D. Jadi klo ada diuninstall nggak ngaruh sama windows. Tapi layar dual bootnya belum bisa saya ilanging tetap muncul, walaupun tidak bisa booting ke ubuntu yang sudah diinstal itu. Ada saran?
    O ya, cek dulu WIndows anda semua, Asli apa nggak, Klo nggak asli, (Bajakan donk)…..Stop Piracy.
    Nenek moyang kita orang pelaut kan, bukan PEROMPAK !!!!

    Beranilah seperti nenek moyang kita, Migrasi ke Linux aja, kan sekarang udah ada Ubuntu 9.10, mandriva 2010, dll. Juga ada Nusantara 3 punya depkominfo dan Blankon buatan Yogya.

  16. @Tyo_Mtr : Ya udah pasti dong install linux pake partisi tersediri. Kan berbeda File system-nya. NTFS nya windows vs linux swap nya ubuntu.

    Windows kalo gak asli ya pasti bajakan dong mas..

  17. Mau tanya, saya install kubuntu 9.04 di semua bagian hardisk, jadi pas mau ngingstal XP kok gak kedetek ya HDD nya? Jadi gimana buat ngehapus seluruh kubuntu dan saaya akan gati dengan XP?
    Makasih banyak ya..

  18. Maksud saya cara menghapus ubuntu yang tidak ada windows nya. Makasih banyak mas, saya lagi pusing neh gak bs install XP. smg Allah membals kebaikannya.

  19. Thanks infonya sy juga ngalami masalah yang sama..
    Mau tanya apa setelah fixmbr kita harus nginstall ulang xp dan semua programnya kah?
    terimakasih

  20. ty..semoga brhasil nanti…. kalo ubuntu bisa baca exeseh gue tetp baca ubuntu heheh… linuxnya pake puppyaja deh..ringann cukup lengkap, bisa dibawa pake flasdisk..ty gan

  21. Akan ku coba….

  22. aduh. tambah bingung, gimana nih *cemberut* #putus asa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: