Oleh: agastya | Juli 20, 2007

Ubuntu 7.04 Feisty Fawn

Sebulan setelah memesan CD Ubuntu, akhirnya kiriman CDnya nyampe juga di rumah. Di dalem amplop berisi 3 CD yang terdiri dari 2 Live CD berwarna merah untuk PC berprosesor intel x86, serta satu CD warna kuning untuk prosesor tipe AMD ato XEON. Tidak lupa 4 buah stiker “Ubuntu for human being” berada satu paket didalamnya.
ubuntu
Segera setelah diterima aku nyari berbagai sumber untuk panduan menginstall Ubuntu ini. Aku sama sekali belum paham Operating System selain “Jendela2″®. Rasanya penasaran banget, soalnya dari berbagai pendapat orang2 di forum2 juga temenku sendiri yang memakai OS Ubuntu ini menyatakan puas memakai Ubuntu. Aku berharap bisa memanfaatkan OS yang bener2 free ini alias gratis.
Seperti petunjuk dari forum2 di internet, untuk menginstal Ubuntu dari PC/Laptop yang sudah terinstall OS “lain”, harus terlebih dahulu membuat partisi baru hardisk yang belum diformat ntfs maupun Fat32. Biar lebih mudah pake aja Partition Magic. Aku alokasikan hardisk di laptop aku khusus buat linux sebesar 10 GB, yang dipecah menjadi 9 GB untuk linux ext3, sisanya 900MB buat linux swap.

Install Ubuntu dari PC/laptop yang udah ada OS “Jendela2″® cukup mudah. Tinggal boot lewat CD Ubuntu, setelah masuk ke Ubuntu (seolah2 sudah terinstal padahal belum) klik icon “instal” aja. Pilih bahasa (yang nantinya tampil setelah terinstal-bisa bahasa indonesia loh..!), pilih partisi “manually” ajah terus pilih drive space yg akan diinstal ubuntu. Ubuntu harus terinstal di folder root “/” , jadi edit space yang menjadi “/” aja. Setelah itu tinggal ikutin aja sampai selesai.

Kesan pertama make Ubuntu :

  • Dari namanya “Ubuntu” agak asing dan aneh aja ditelinga
  • Awalnya ragu untuk “mencoba” OS selain “Jendela2”, karena faktor kebiasaan.
  • Secara tampilan, “wow !!” bener2 keren.. vista lewaat mah!
  • Praktis, cuma sekali install udah termasuk berbagai aplikasi didalamnya, seperti mozilla, OpenOffice(word,excel nya linux), PDF, dan banyak lagi.
  • masih bingung juga gimana memakai Ubuntu ini.. bagaikan mutiara di dalam cangkang.. aku penasaran untuk bisa memakainya.
  • “linux for human being” –> sangat manusiawi.
Iklan

Responses

  1. Saya mau tanya. Dimana saya bisa memesan CD Ubuntu “Linux For Human Being” yang free. Karena saya pernah bertemu dengan orang yang sudah mendapatkan kiriman Ubuntu tersebut dari Netherland secara gratis, tetapi saya lupa menanyakan bagaimana mendapatkannya. Jadi saya minta informasi secepatnya. Tolong dikirim ke alamat e-mail saya “joena_edi@yahoo.co.id”.

    Terima kasih

  2. Konfirmasi
    Respons yang sebelumnya itu websitenya salah yang benar yang ini “http://www.junaedi28.multiply.com”

    Terima kasih

  3. silakan coba buka situs resmi ubuntu

    atau bisa langsung ke klik disini

    jangan lupa register dulu untuk bikin account (required) untuk bisa request CDnya. terus tinggal isi lengkap dan benar data2 yang diperlukan buat pengiriman CD nya. mudah kok!

  4. Dari jaman kuliah dulu (1998-2003) udah sering make linux+windows, tapi untuk migrasi total ke linux rasanya sulit, bahkan puluhan tahun ke depan rasanya masih tetap sulit… banyak sekali aplikasi handal yang tidak bisa didapatkan di OS Unix dan sejenisnya… contoh paling nyata adalah Adobe Photoshop, aplikasi grafis yang sangat direkomendasikan mayoritas designer kelas dunia…

    Jadi, dalam kasusku aku cuma perlu ngerti nanganin server linux aja, gimana command2 consolenya (diakses lewat shell), tapi untuk aplikasi desktop? Tetap gak bisa lari dari JendelaJendela.

    Tapi kalo memang penasaran gak ada salahnya kok dicoba 🙂

  5. gue mau tanya jun map yang lu bilang ada di mana


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: